TALKSOW INTERAKTIF RAMADHAN MES BANTEN

 




    Selama Ramadhan 1442 H/2021 M, Alhamdulillah MES Wilayah Banten melaksanakan Talkshow Interaktif secara daring melalui Zoom Meeting. Terdapat 2 tema dengan jadwal pelaksanaan yang berbeda yaitu talkshow pertama dengan tema "Mengurus Sertifikasi Halal, Dulu dan Sekarang" dilaksanakan pada Ahad 25 April 2021, dan tema kedua yaitu " Mempersiapkan dan Memilih Produk Hewan Halalan Thoyyiban untuk Lebaran" dilaksanakan pada Sabtu 1 Mei 2021.
    Adapun yang menjadi narasumber pada talkshow interaktif tema pertama yaitu Bapak. Irhamni, M.Si, selaku Wakil Direktur LPPOM MUI Provinsi Banten. Beliau memaparkan materi tentang mekanisme sertifikasi halal bagi pelaku UMKM. Beliau juga menyampaikan tentang perubahan mengurus sertifikasi halal dari yang sebelumnya dilakukan oleh MUI kemudian beralih ke BPJH. Selain itu pada talkshow kali ini juga dihadiri langsung oleh Bapak Agus Nizar Vidiansyah sebagai Ketua Umum MES Banten yang memberikan sambutan diawal sebelum pemaparan materi oleh narasumber.
    Pada tema kedua yang menjadi narasumber yaitu  Bapak Ir. Agus Tauchid MM, selaku Kadis Pertanian Provinsi Banten dan Bapak H. Deden Sunandar MM, selaku Ketua DPW JULEHA (Juru Sembelih Halal) Indonesia Wilayah VIII. Bapak KH. AM. Romly sebagai Ketua MUI Provinsi Banten juga turut hadir untuk memberikan sambutan. Materi yang disampaikan oleh Bapak Agus adalah tentang memilih produk hewan yang ASUH atau Aman, Sehat, Utuh, dan Halal. Beliau juga memaparkan regulasi mengenai sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) bagi unit usaha produk hewan. Kemudian narasumber kedua yang lebih akrab dipanggil Kang Aden memaparkan tentang teknik menyembelih hewan sesuai dengan syariat Islam. Beliau menyampaikan bahwa daging halal bukan hanya dari jenisnya saja tetapi juga cara menyembelihnya. Kang Aden juga menampilkan beberapa video  penyembelihan hewan oleh masyarakat Indonesia yang ternyata masih banyak kekeliruan. Oleh karena itu JULEHA secara aktif keliling mendatangi rumah potong hewan untuk mengawasi dan memberikan edukasi tata cara menyembelih yang halal. 
    Harapan dari dilaksanakannya talkshow ini yaitu agar masyarakat mengetahui teknis mengurus sertifikasi halal suatu produk dan mengetahui bagaimana mengolah daging halalan thoyyiban untuk dikonsumsi saat lebaran Idul Fitri.










    


0 Komentar